Thursday, December 11, 2008

100 hari mama

sabtu kemarin gak berasa sudah sembahyang 100 hari mama. jam 4 pagi kita sudah pada bangun, siap-2 trus meluncur ke rumah di johar buat jemput koko, cici, adik dan ponakan. kadang ada enaknya juga punya anak banyak jadi ramean kalo ada apa-2. Jam 5.15 kita berangkat ke citereup bogor, sampe sana sekitar jam 6, semuanya ada 4 mobil, karena adik mama dan suaminya juga ikut. Satu mobil khusus bawa bahan-2 sembahyang dan suhu serta assitantnya.
Semua sembahyangan juga sudah di siapkan, dari kue mangkok yg super jumbo (cuma ada kalo ada pesenen buat sembahyang), buah-buahan sampe ayam jago rebus jugda uda ada, gak ketinggalan gue pesenan mama yg asli masih dari pontianak, kue bingka.
Kita juga pesen koper yg akan kita kirim buat mama yg sudah di pesen ke suhu yang mimpin acara sembahyang mama.
Sebelumnya tanggal 27 November jam 7 pagi sudah sembahyang pemasangan nisan mama, kalo yang ini kudu liat hari segala, karena kita pada gak gitu paham ya nurut aja deh, yang penting tujuannya baik.
Hari itu kita semua pakai baju merah, yg artinya masa berkabung baru berlalu, begitu katanya.Namanya masih menjunjung tinggi adat istiadat kita nurut aja. Maklum masih totok istilahnya.
Kita bersyukur juga bisa dapet tempat mama dan papa berdampingan, Dan lega rasanya sudah selesai tempat peristirahatan mama, gak jauh dari sana juga ada kuburan popo. jadi kalo ke kuburan sekalian sembahyang 3 kuburan.
Selesai acara 100 hari koko pulang ke Taiwan, mudah-2 koko bisa pulang tiap tahun yach.

No comments: