Monday, August 31, 2009

Bolu Kukus Mekar

Hore akhirnya Bolu kukus gue mekar juga.
Dulu pernah bikin bolu kukus tapi gak bisa ngakak tuh, sampe berpikir apa kena "kutukan bolu kukus" nich.
Akhirnya setelah punya kukusan khusus kue, jadi deh tuh bolu kukus pada mekar, ternyata kukusan berpengaruh besar loh.
Krn takut gagal kemarin cuma bikin setengah resep aja, jadinya -/+ 10 cup. Cup cetakan juga pake yg buat muffin tuh gak khusus buat bolu kukus.
Untuk yang coklat pakai pasta black forest, yang hijau pakai bubuk green tea yang uda beli lama, dan untuk menghilangkan amis telur pakai vanilla cair, kuenya pas mateng wangi banget, sampe misua bilang beda nich ama yg dulu, ini lebih wangi dan mekar semua hehehe.
ini resepnya yach kalo mau coba:
BAHAN:
200 gr tepung terigu
200 gr gula pasir
2 butir telur
1 sdt emulsifier(tbm, ovalet) aku pake ryoto
1/2 sdt baking powder double action
100 cc air soda/air/susu (aku pake sprite doang)
1/2 sdt Essen Pisang atau secukupnya (Essen vanila yg aku pake)

CARA:
Panaskan kukusan sebelum mengocok adonan, bolu kukus butuh uang yg banyak.
Kocok telur dan gula kurang lebih 2 menit, trus masukkan emulsifier kocok sampai kental dan putih kurang lebih 7-10 menit dengan kecepatan penuh. Setelah putih dan kental pindahkan kecepatan paling rendah dan masukkan terigu dan air soda secara bergantian, aduk rata, beri sebagian dengan pasta.
masukkan ke cup sampai penuh, kukus selama kurang lebih 20 menit.

3 comments:

Unknown said...

Ling, tanya dong, kalo gak pake emulsifer bole gak ya? thank you...

mama-nya Agnes Celine said...

Wah berhubung gue pemula gue cuma ikutin resep aja tuh, kayaknya sich bisa deh.

Anonymous said...

udah nyoba dan siiipp hasilnya.. makasih ya? ima