Monday, February 2, 2009

Cake Tape Keju


Minggu lalu kepingin bikin Cake Tape Keju imlek bawa ke mertua.
Sebenarnya gue gak pernah bikin yang namanya cake atau bolu, gue lebih suka masak karena jarang gagal di banding bikin keu hehehe, jadi pake nekat aja ceritanya.

Resepnya boleh browsing di internet, gue modif dikit sesuai selera:

Bahan :
400gr tapai singkong, buang seratnya dihaluskan pakai garpu (resep asli 300gr)
6 kuning telur
4 putih telur
150 gr gula pasir halus (resep asli 200gr)
1/2 sdt vanili bubuk
150 gr mentega, lelehkan
Keju parut buat taburan secekupnya (resep asli 100 gr keju cheddar)

Ayak :
175 gr tepung terigu
½ sdt baking powder (gue pake double action hercules)
25 gr susu bubuk (gue pake 1 sendok makan)

Cara membuat :
1.Siapkan loyang bundar berlubang tengah, diameter 20 cm. Olesi mentega, taburi sedikit tepung terigu. gue pake loyang bulat juga jadi di alasi kertas roti
2.Haluskan tapai singkong dengan garpu, sisihkan.
3.Kocok telur dan gula hingga naik dan mengembang. Masukkan vanilli bubuk dan tapai halus sedikit demi sedikit sambil dikocok hingga rata. Masukkan campuran tepung terigu, aduk perlahan hingga rata.
4.Tuang mentega leleh, aduk rata. Tambahkan 75 gr keju cheddar parut, aduk rata.
5.Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan. Taburi dengan sisa keju. Panggang dalam oven bersuhu panas 160 °C selama 30-45 menit hingga cake matang (menurut gue tergantung oven masing-2), jaga jgn sampe hangus, test tusuk kalo licin berarti udah mateng, angkat, biarkan dingin.
6.Keluarkan cake dari loyang, potong-potong, sajikan

No comments: